Langsung ke konten utama

Funiculi Funicula, Before The Coffee Gets Cold

 

3,5 ⭐

Buku ini cukup tipis, yaitu 223 halaman dan bisa selesai dalam waktu dua hari. Atau mungkin sehari kalau lagi libur. Buku ini karya Toshikazu Kawaguchi, penulis asal Jepang.

Funiculi Funicula adalah nama sebuah kafe sepi yang bisa membawa seseorang pergi ke masa lalu. Di buku ini diceritakan kalau setiap bab-nya ada orang berbeda-beda yang ingin ke masa lalu dengan tujuan beda-beda juga.

Untuk bisa ke masa lalu, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Yaitu, mereka harus tetap duduk di kursi yang telah ditentukan dan tidak boleh pindah. Apa pun yang mereka lakukan di masa yang didatangi tidak akan mengubah kenyataan di masa kini. Dan mereka harus menghabiskan kopi khusus yang disajikan sebelum kopi itu dingin.

Menurutku buku ini menarik karena unik. Rasanya lega kalau ada seorang tokoh yang berhasil ke masa lalu untuk menemui seseorang. Di bagian akhir aku sedih hahaha. Sebenernya buku ini lumayan ringan, dan tidak terlalu ‘wah’ menurutku, kalau dilihat dari banyaknya buku ini sliweran di media sosial.

Tapi buku ini menyenangkan untuk diikuti. Buku kedua dan ketiganya juga setahuku sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Tapi aku belum punya niat untuk baca buku selanjutnya.


Diva Dipxie// Diva Alayna Suwito 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Better Days (2019)

Aku nggak suka film happy ending. Aku suka film yang bisa bikin aku nangis se ember. Aku suka film yang bisa bikin aku terobrak abrik. Aku suka film yang bisa bikin aku hancur hahahah. Terakhir kali nonton film kayak gini yaitu film Monster (2023) itu film jepang. Sekarang aku abis nonton film china judulnya Better Days (2019). Aku sekarang jarang nulis tentang apa yang kurasakan setelah baca buku atau film. Tapi pengecualian buat buku atau film yang berhasil menghancurkanku :D. Di awal film emang udah ada semacam tulisan pengantar tentang bullying. Aku nggak ekspek apa-apa sama film ini karena aku nggak baca sinopsis atau cari tau trigger warning. Cuma modal satu editan di reels, ternyata filmnya bangsat banget. Aku merasa dunia sangat jahat. Pokoknya dunia ini JAHAT BANGET!!! Bodo amat aku mau spoiler alurnya. Ceritanya tuh ada anak perempuan yang meninggal karena bundir, dia gak kuat di bully. Terus ternyata setelah anak itu meninggal, sasaran bullying selanjutnya adalah Chen Nian.

You've Reached Sam

 3/5 ⭐ Aku tidak menaruh ekspektasi apa-apa sama buku ini. Covernya udah banyak aku lihat di mana-mana. Tapi baru punya kesempatan untuk bacanya sekarang. Aku baca juga karena ada salah satu mutualku yang baca juga, dan karena waktu itu bingung mau baca apa, jadi aku ikut baca juga dan kebetulan bisa langsung pinjam di Libby. Oke, jadi ternyata buku ini bercerita tentang kisah remaja bernama Julie dan Sam. Mereka sepasang kekasih, tapi mereka masih SMA. Terus suatu ketika ada kejadian yang membuat Sam ini kecelakaan dan meninggal. Sumpah aku ga terlalu memperhatikan bagian sinopsis, jadi agak kaget (ini bukan spoiler ya). Lalu entah bagaimana caranya, mereka terhubung lagi lewat telepon. Dan anehnya, telepon yang bisa digunakan cuma telepon milik Julie aja. Jadi Julie setiap hari telponan sama Sam. Apa aja masalahnya selalu dikasih tau ke pacarnya. Tapi jadinya Julie jadi susah move on, dan itu berbahaya. Sebenernya aku nggak terlalu nangis. Sedih, tapi aku nggak bisa relate. A

The Poppy War (Perang Opium)

    5/5⭐⭐⭐⭐⭐ Baiklah. Walaupun aku sedikit tidak siap, tapi aku tetep akan nulis. Mumpung masih inget dan semangat. (⚠️Spoiler warning!⚠️) Oke. The Poppy War adalah sebuah series trilogy dari penulis asal China, Rebecca F. Kuang. Buku yang kedua berjudul The Dragon Republic, dan yang ketiga adalah The Burning God. Awalnya, kupikir sampul buku versi Indonesia (yang terpampang di atas) itu adalah sampul asli dari buku aslinya. Ternyata nggak, ternyata sampul aslinya warna putih. Padahal selama ini aku mengenali The Poppy War dari sampulnya yang ini, yang terbakar, keren. Tapi sampul tuh nggak masalah, walaupun aku sebenarnya mau bilang kalau aku pribadi lebih suka sampul versi Indonesia hehe <3 Seperti biasa, dalam rangka menghemat pengeluaran, aku baca buku ini dari Gramedia digital. Jumlah halamannya 565. Iya. Aku serius. Dan tentu saja mataku pedes, kepalaku pusing. Tapi ya mau gimana lagi. Aku merasa ini worth it, gapapa uangnya bisa buat ditabung untuk beli buku kedua dan